Rabu, 06 Januari 2016

Ketika Tuhan berkehendak lain yakinlah akan indah pada waktunya : Sumbing 3371 Mdpl


                   Tiba-tiba notifikasi hape berbunyi,,,
"Gengs gunung merbabu kebakaran,,semua jalur pendakian di tutup sampai waktu yg belum di tentukan,,,"
Saat itu juga dengkul gua lemes,migrain kumat,,jantung bedegug kencang.
Duhhh gusti wasalam ini mah alamat palsu gagal naik gunung lagii.
Seketika gua langsung calling temen gua yang ngirim pesan tadi.
  "Njiiirr,,,emang lau udah pasti tuh gunung tutup,,??"tanya gua ke si pengirim pesan,,,
"Iyee ngee,,beneran lau liat aje di berita ",,,
"Edeh,,,ko bisa pas mepet mau jalan begini yaa,?",,jawab gua yang mulai naik darahh.
Rencana w yg jauh2 bulan di ambang kegagalan,tiket kreta,packing,,,semua serba percuma.
H-1 gua dapet kabar dari temen yg ngirim pesan,,,
"Ngeee,,kita batalin aje ke merbabu,,",,dia bilang,,
"Aje gilee lau,,,gak ada alternatif lain apa?"
Akhirnya temen gua kontek semua base camp gunung yg berdekata merbabu.
"Ngeee,,andong ame merapi juga tutup,,,"
"Busetttt,,dah ni gunung pada ikutan segalaa,,,njiiir".sambil mikir gunung apa lagi yg gak di tutup.
"Gimana kalo sumbing ngeee??,"tanya temen gua,,,
"Ya udeh kuy lah,,,"
  Akhirnya destinasi gunung kita ubah yg tadinya ke merbabu kita ke sumbing.
  Akhirnya tiket kreta yg udah terlajur di beli tujuan semarang poncol,akirnya cuman kita pake sampe stasiun weleri kendal.
 Dari situ kita nanya angkot yg jurusan ke wonosobo arah mana.
 Beruntung ada sopir angkot yg nawarin mau nganter sampe base camp sumbing.
 Akhinya gua,lintang,padil,rangga,fahmi,bang capung,dan erland berangkatlah menuju base camp desa garung.
 Gua manfaatin app gps di hape gua buat penunjuk arah ke basecamp sumbing,,berhubung kami semua sama sekali tidak tau jalur ke arah base sumbing dan pertama kali ke sana.
Tiba2 pas di angkot notifikasi gps gua bunyi,
Ternyata jalur yang angkot kita naikin gak sesuai sama track yang di gps.
 Akhirnya gua kasih tau bapak supirnya buat ubah arah,,karna udah terlalu jauh kelewat jalur yang di tentuin gps.
Anjiiiirr,apes bener yaa,apa emang kita gak di bolehin naik gunung dulu yaa.
Kembali ke jalur yg benar si bapak sopir ini bertobat,,etdah salah fokuss,
kembali ke track yg sesuai di gps.
Sesampainya di base camp desa garung butuh(stikpala),,gua langsung simaksi pendakian,,
 Yang unik dari gunung,dari base camp registrasi sampai ke pos 1,kita bisa menggunakan jasa ojek,,
Njirr,,gokil banget ye keliatanya,,emesh2 gimana gitu,naik gunung pake jasa ojek motor,mungkin beberapa tahun ke depan bisa pake online kali ya.
 
Tapi sumpah seru abis ngrasain di boncengin motor trail,,sekujur badan merinding sampe bulu kuduk ,,#elah
Sampai di pos 1 kita gak berlama2 lansung menuju pos berikut setelah doa bersama,,
Jalur yg gersang dan berdebu,,
Dari pos 1 ke pos selanjutnya jalur masih bersahabat sama kaki,,
Dan tiba2,,,brak brak,,,,whuzz whusss,,,,
Suara orang jatuh dari jalur pendakian,,"
"Mass,,mass,,gak papa kan,,??"tanya gua ke dia,,
"Gak papa mass cuman nyrosot ajaa mas,,,"
Emang bener nih jalur engkol-engkolan emang njirr,,suee banget, kamfreeet kampang dah pokonyee,,
Aku takut terjatuh dan tak bisa bangkit lagi,,,,,
kaga ada belas kasihan.
Jalur engkol-engkolan
  
Tanah yg kalo di ijek kaya transformer jatoh dari langit,,wuzz wuhhss ngebul dah bikin engap napas,bikin muka dekil kumel kucel lengkap dah pokonya pake telor,,,
 Pas sampe ujung tanjakan kita istirahat sejenak dari pertarungan ngehek tadii,,
 Sesampainya di sedelupak roto kita memutuskan buat ngecamp di sini,
Dan tiba2 cahaya kuning keemasan dari balik kabut yg mebelakangin gunung sindoro yg perlahan tenggelam besama datangnya kegelapan,,sungguh sangat indah dan damai.
Sedelupak roto view
Ternyata gua salah memaki2  jalur sumbing yang ngehek ini,di balik semua itu ada kajaiban tuhan yang luar biasa.
Sunset
Ini baru awal dari keindahan yg belum tersampaikan,,baru setengah perjalanan aja udah ajib begini pemandanganya.
Menuju senja,,,
Hari mulai gelap,lampu tenda mulai di nyalakan,,kompor dan nesting mulai bersautan menandakan waktu makan malam telah tiba.
Malam semakin larut,kami beristirahat untuk melakukan summit tengah malam nanti.
Tepat pukul 1.30,,kita mulai summit..

Melewati pos pestan yg katanya mitosnya angker ternyata pemandanganya indah,view dataran lapang semak-semak bebatuan yg betumpuk,langit yg bertabur bintang,sinar rembulan yang menerangi jalan,menghilangkan rasa takut di benak tadi yg membayangi.
Pestan (pasar setan).
Melewati jalur pasar watu,watu kotak,dan tanah putih,,anjiiirrr jalur yg lebih kamfret dari jalur sebelumnya,,dengkul udah berasa oblakk,,nafas udah mulai tersengal2..emang jalur yg nauzubilah,,
  Tiba-tiba lintang teriakkk,,,,,,
*woiii woiiiii,,,,genggsss,,,
*puncakk puncakk,,,,
Seketika gua langsung bergegas menambah kecepatan laju kaki gua yg semakin lemass,,,
Ahirnya tepat pukul 5.45 kita sampai puncak,,,sujud syukur.


Puncak
We are.

Sumbing 19-22 Agustus 2015 
#SaungPohonAdventure
©faisolAmir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar